large image

KABAR TERKINI

 

FAQ JT OTO MOBIL

Muhammad Ridwan | Kamis, 20 November 2014 - 19:14:06 WIB | dibaca: 2266 pembaca

1. Q: Apa yang dimaksud dengan JT Oto Mobil?
  A: JT Oto Mobil adalah produk Asuransi Kendaraan Bermotor dari Asuransi Jastan dengan dengan berbagai keunggulan dan dengan Tarif Premi yang kompetitif.
2. Q Kendaraan apa saja yang bisa diasuransikan dengan JT Oto Mobil?
  A: Berbagai merk kendaraan jenis Sedan, Minibus, SUV, MPV, Jeep, Station Wagon yang digunakan hanya untuk dinas dan/atau pribadi oleh Tertanggung atau Pemilik Kendaraan.
3. Q: Apakah Polis masih berlaku bila kendaraan disewakan?
  A: JT Oto Mobil tidak menjamin risiko kendaraan komersial, yaitu kendaraan yang digunakan oleh Tertanggung untuk mendapatkan uang jasa atas pemakaian kendaraan, sehingga apabila kendaraan difungsikan sebagai kendaraan umum maupun disewakan, maka bila terjadi kerugian tidak akan mendapat penggantian dari asuransi Jastan .
4. Q: Berapa tahun batasan usia kendaraan untuk JT Oto Mobil?
  A: 8 tahun untuk Comprehensive dan 12 tahun untuk TLO.
5. Q: Apakah yang dimaksud dengan Partial Loss atau Kerugian Sebagian?
  A: Adalah kerugian sebagian pada kendaraan akibat risiko yang dijamin polis dengan nilai kurang dari 75% dari Harga Pertanggungan.
6. Q: Apakah yang dimaksud dengan Total Loss?
  A: Adalah kerugian akibat kehilangan atau pencurian maupun Constructive Total Loss yang merupakan kerugian akibat risiko yang dijamin polis JT Oto TLO dengan nilai kerugian minimal 75% dari Harga Pertanggungan.
7. Q: Apakah yang dimaksud dengan kehilangan atau pencurian?
  A: Adalah kerugian yang timbul akibat perbuatan jahat atau akibat pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan atau ancaman dengan kekerasan.
8. Q: Apakah yang dimaksud dengan Tuntutan Hukum Pihak Ketiga?
  A: Adalah tuntutan dari pihak lain yang dirugikan akibat kendaraan yang diasuransikan, yang terdiri dari : • Material Damage, mengakibatkan yaitu Kerugian Harta Benda, misalnya menabrak pagar atau tembok rumah maka Pemilik rumah dapat mengajukan ganti rugi kepada asuransi Jastan melalui Tertanggung. • Bodily Injury, yaitu mengakibatkan cidera pada orang lain.
9. Q: Bagaimana caranya mengajukan klaim JT Oto Mobil?
  A: Bila terjadi kerugian pada kendaraan yang terjamin kondisi polis, atau adanya tuntutan dari Pihak Ketiga, maka segera laporkan secara tertulis melalui Fax atau email, atau langsung datang ke Kantor Cabang kami terdekat selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah kejadian. Petugas kami akan menyediakan formulir klaim standar untuk diisi dengan lengkap dan segera melengkapi dokumen yang dipersyaratkan oleh petugas kami sesuai kronologis kejadian.
10. Q: Apakah pengajuan klaim boleh diwakilkan?
  A: Prinsipnya diperbolehkan, dengan ketentuan Tertanggung membuat Surat Kuasa diatas Meterai 6.000 dan melampirkan KTP/SIM Asli saat pengajuan klaim. Selain itu orang yang mewakili Tertanggung wajib menyerahkan Foto Copy Identitas Diri (KTP/SIM) dan memahami kronologis kejadian.
11. Q: Dokumen apakah yang harus dilengkapi?
  A: 1. Klaim Partial Loss : • Copy Identitas Tertanggung (KTP/SIM) • Melengkapi Formulir Klaim. • Laporan Kepolisian (bila ada unsur tindak kejahatan). 2. Klaim Kehilangan / Pencurian : • Copy Identitas Tertanggung (KTP/SIM) • Melengkapi Formulir Klaim. • STNK & BPKB Asli • Surat Keterangan dari Kepolisian setempat yang terdekat dengan lokasi kejadian (TKP). • Kunci kontak (asli) dan duplikatnya. • 2 lembar Kuitansi kosong bermaterai Rp 6.000,- yang telah ditandatangani oleh Tertanggung. • Surat Blokir STNK dari Kaditlantas Polda setempat. 3. Klaim Contructive Total Loss (CTL) • Copy Identitas Tertanggung (KTP/SIM) • Melengkapi Formulir Klaim. • STNK & BPKB Asli • Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian setempat yang terdekat dengan lokasi kejadian (TKP). • Kunci kontak (asli) dan duplikatnya. • 2 (dua) lembar Kuitansi kosong bermaterai Rp 6.000,- yang telah ditandatangani oleh Tertanggung. 4. Klaim atas Tuntutan Hukum dari Pihak Ketiga : • Copy Identitas Tertanggung (KTP/SIM) • Melengkapi Formulir Klaim. • Identitas Pihak Ketiga (KTP/SIM). • SIM Pihak Ketiga bila kecelakaan melibatkan kendaraan bermotor yang bersangkutan. • Surat tuntutan dari pihak ketiga. • Laporan kepolisian setempat (bila perlu).
12. Q: Apakah yang dimaksud dengan Risiko Sendiri atau Own Risk (OR)?
  A: Risiko Sendiri atau yang lebih populer disebut OR adalah nilai kerugian yang menjadi tanggungjawab atau beban Tertanggung atas setiap kejadian klaim. OR untuk Polis JT Oto Mobil ditetapkan sebagai berikut : 1. Rp. 200.000 per kejaidan untuk Klaim Partial Loss maupun Constructive Total Loss akibat kecelakaan. 2. 10% Harga Pertanggungan untuk Total Loss Pencurian/Kehilangan. 3. Rp. 250.000 per kejadian untuk kerusakan/ kehilangan Perlengkapan Non Standar. 4. 5% Harga Pertanggungan minimal Rp. 500.000 per kejadian untuk risiko Kerusuhan/Huruhara. 5. 10% Harga Pertanggungan minimal Rp. 500.000 per kejadian untuk risiko Banjir.
13. Q: Berapa ganti rugi yang diberikan untuk klaim Total Loss?
  A: Tertanggug akan mendapatkan ganti rugi sebesar Nilai Sebenarnya atas kendaraan yang diasuransikan sesaat sebelum tiumbulnya kejadian, maksimum sebesar Harga Pertanggungan. Harga sebenarnya merupakan harga pasar untuk jenis yang sama dengan kendaraan Tertanggung yang diasuransikan sesaat sebelum kejadian klaim.
14. Q: Berapa Ganti Rugi yang diberikan asuransi Jastan apabila kendaraan diasuransikan dibawah Harga Pasar?
  A: Harga Pertanggungan dibawah Harga Pasar disebut sebagai Under Insurance, sehingga apabila terjadi kerugian Partial Loss akan diperhitungkan secara prorata, misalnya : • Harga Pasar Rp. 200 juta, Harga Pertanggungan Rp. 150 juta (diasuransikan 75%). • Apabila terjadi kerugian akibat kecelakaan sebesar Rp. 20 juta, maka ganti rugi sebesar : (75% x Rp. 20 juta)-Rp. 200.000 = Rp. 14.800.000,- • Untuk Constructive Total Loss diberikan penggantian sebesar Nilai Sebenarnya, maksimum Rp 150 juta-Rp. 200.000 = Rp. 149.800.000,-
15. Q: Siapa yang dapat dihubungi apabila saya memerlukan informasi lainnya?
  A: Silahkan datang ke kantor Jastan terdekat atau menghubungi PIC yang ada di Kantor kami yang terdekat dengan lokasi anda sesuai daftar di bawah ini.