STAY SAFE! 3 TIPS MENYELAMATKAN DIRI DARI GEMPA BUMI

by Bella Tia


Posted on 1 bulan yang lalu


stay-safe-3-tips-menyelamatkan-diri-dari-gempa-bumi

3 TIPS MENYELAMATKAN DIRI DARI GEMPA BUMI

 

Halo Sobat Jastan!

Gempa Bumi bisa terjadi kapan saja, tanpa diduga/diketahui sebelumnya. Terlebih lagi di Indonesia yang termasuk ke dalam kawasan Ring of Fire, atau dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, di antaranya lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Hal tersebut membuat kita yang tinggal di Indonesia memerlukan kesiapan serta pengetahuan mengenai cara menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi di wilayah kita.

Ketika gempa bumi terjadi, Sobat Jastan bisa lakukan 3 tips ini untuk menyelamatkan diri!  Yuk kita simak tipsnya!

1. Jangan Panik

Saat gempa terjadi, Sobat Jastan nggak boleh panik ya! kalian harus tenang meskipun kalian berada di gedung tinggi atau dilantai paling atas.

2. Berlindung di Bawah Meja

Langsung berlindung di bawah meja saat gempa terjadi, jika tidak ada meja kalian dapat melindungi diri dengan melakukan Drop! Cover! Hold On!

Drop! Jatuhkan tangan dan lutut ke tanah atau lantai. Posisi ini dapat melindungi kamu dari jatuh dan memungkinkan kamu untuk tetap bergerak jika perlu.

Cover! Lindungi kepala dan leher (dan seluruh tubuh jika memungkinkan) di bawah benda yang kokoh di bawah.

Hold On! Berpegangan pada tempat berlindung kamu sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung jika guncangan menggesernya.

3. Segera Berhenti Saat mengendarai kendaraan

Jika Sobat Jastan sedang berada di dalam kendaraan atau perjalanan saat terjadi gempa bumi, berhentilah secepat dan seaman mungkin. Pindahkan kendaraan kalian ke tepi jalan, dan pastikan menjauh dari tiang listrik, pohon besar, dan underpass atau flayover. Jika kalian tidak bisa keluar, pastikan tetap di dalam mobil.. Mobil mungkin bergoyang keras, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk tetap tinggal sampai guncangan berhenti.

Itulah beberapa tips yang perlu Sobat Jastan lakukan saat terjadi gempa bumi. Setelah gempa berakhir, tetaplah waspada akan gempa susulan! dan pastikan kalian juga sudah mempunyai asuransi gempa bumi, agar merasa lebih aman dari risiko yang tidak terduga, untuk informasi lebih lanjut mengenai Asuransi gempa bumi, Sobat Jastan bisa langsung ke website Jastan.co.id.

Kategori Media